Nenek 75 Tahun Lahirkan Bayi 


riaupotenza.com
SUDAH TUA: Daljinder Kaur, Mohinder Singh Gill, dan si kecil Arman.

Daljinder Kaur dari Amritsar, Punjab, India, baru saja melahirkan anak pertamanya saat usianya 72 tahun pada 19 April tahun lalu. Saat ini, Daljinder berusia 73 tahun dan bayinya baru berusia 11 bulan.

Namun, usia ternyata tidak bisa berdusta. Meski semangat masih membara, tubuh Daljinder tidak lagi mampu. Kesehatannya menurun drastis. Usai bersalin, tekanan darahnya meningkat dan sendi-sendi tubuhnya melemah.

Daljinder pun merasa cemas kalau dia tidak bisa mengasuh Arman Singh, bayi lelakinya yang sekarang sudah mulai merangkak, dengan baik. Suaminya, Mohinder Singh Gill, 80, mereka berusaha semampunya untuk bisa merawat Arman seperti ayah dan ibu lain.

”Tekanan darah saya memburuk dan saya mudah lelah. Saya sudah kedokter namun mereka hanya memberi obat dan meminta saya mengubah pola makan,” katanya. ”Saya harus menjaga kesehatan dan saya juga harus mengurus Arman,” sambungnya.

Namun meski demikian, Daljinder tidak menyesal. Pasalnya, setelah 46 tahun menikah, Arman adalah anak pertamanya. Bersama Mohinder, mereka melakukan berbagai prosedur untuk bisa hamil. Usaha terakhir mereka adalah teknik bayi tabung dan berhasil.

Arman terlahir normal namun dengan berat badan rendah. Sekarang, walau sudah berusia 11 bulan, beratnya masih 4,9 kilogram. ”Mungkin karena saya berhenti menyusuinya saat usianya tiga bulan. ASI saya tidak bisa lancar,” kata Daljinder.

Diceritakan Daljinder, meski mungil, Arman adalah bayi yang menyenangkan. ”Dia akan merangkak kearah saya dimana pun saya berada. Dia tersenyum dan ramah kepada siapa pun. Saya mencintainya,” ungkap Daljinder. (Daily Mail/tia/jpnn)